Asuransi Karyawan yang Sesuai Kebutuhan Perusahaan? Ini Solusinya

Asuransi Karyawan Cerminkan Komitmen Perusahaan Terhadap Karyawan

Asuransi Karyawan adalah salah satu bentuk benefit yang diberikan perusahaan kepada karyawannya. Umumnya, asuransi ini memberikan perlindungan finansial saat karyawan mengalami sakit.

Pemberian Asuransi Karyawan juga mencerminkan komitmen perusahaan dalam menjaga kesejahteraan karyawan, karena karyawan merupakan aset penting yang berperan dalam menjalankan dan menjaga performa bisnis.

Namun, tidak sedikit pemilik usaha merasa bingung karena banyaknya pilihan dan manfaat yang ditawarkan oleh Asuransi Karyawan. Lalu, bagaimana jika pemilik usaha ingin memiliki asuransi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaannya dan bisa disesuaikan secara fleksibel?

Simak penjelasannya berikut ini.

Asuransi Karyawan dan Hal yang Membuatnya Penting

Asuransi Karyawan merupakan salah satu bentuk kesejahteraan yang diberikan perusahaan kepada karyawan. Tentunya asuransi ini bisa membantu karyawan dalam menjaga kesehatannya apabila kesehatan mereka sedang terganggu. Sebagai informasi tambahan, Direktur Eksekutif AAJI, Togar Pasaribu, menyampaikan bahwa inflasi medis secara global diperkirakan akan terus meningkat dan bisa mencapai 19% pada tahun 2025. Pernyataan ini disampaikannya dalam wawancara dengan Kontan.co.id pada 14 Mei 2025.

Dengan inflasi medis yang mengalami peningkatan, tentunya Asuransi Karyawan menjadi hal penting yang harus dipertimbangkan oleh pemilik usaha. Namun, banyak pemilik usaha merasa kesulitan dalam memilih Asuransi Karyawan yang tepat. Umumnya, produk asuransi ditawarkan dalam bentuk paket yang sulit disesuaikan dengan kebutuhan spesifik perusahaan.

Jika Anda mengalami kendala serupa, berikut solusi yang dapat membantu Anda.

Administrative Service Only (ASO) Sebagai Solusi Asuransi Karyawan 

ASO merupakan model pengelolaan asuransi di mana perusahaan hanya membayar layanan administrasi kepada pihak ketiga, tanpa membeli Asuransi Karyawan secara penuh. Dalam sistem ini, perusahaan bertindak sebagai self-insured atau penanggung sendiri, artinya perusahaan menanggung sendiri risiko biaya kesehatan karyawannya.

Pihak ketiga yaitu perusahaan TPA (Third Party Administrator) hanya bertugas menangani proses administrasi klaim, seperti verifikasi, pembayaran, dan pelaporan. Perusahaan TPA tidak menanggung risiko finansial dari klaim yang diajukan.

Alasan Kenapa ASO Menjadi Solusi untuk Asuransi Karyawan

ASO ideal bagi perusahaan yang ingin:

  • Mengelola biaya kesehatan secara lebih fleksibel dan efisien
  • Memiliki kontrol penuh atas manfaat kesehatan yang diberikan
  • Menyesuaikan program kesehatan sesuai kebutuhan karyawan dan anggaran perusahaan

Dengan cara ini, perusahaan dapat merancang sistem perlindungan kesehatan yang lebih personal, transparan, dan hemat biaya. Tentunya Global Excel Indonesia sebagai TPA juga siap memberikan saran terkait plan Asuransi Karyawan yang nantinya akan diterapkan. Jangan lupa baca artikel terkait informasi direct agreement Global Excel Indonesia dengan klik di sini.

Jadi apabila perusahaan Anda membutuhkan Asuransi Karyawan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan jangan ragu untuk hubungi Global Excel Indonesia melalui telepon di nomor +62 21 5084 5400 atau email Indonesia.Enquiry@globalexcel.co.id. Hubungi kami untuk konsultasi seputar Asuransi Karyawan.